Buscar

Páginas

“KAPAN NIKAH ?” SENYUMIN AJA



“Kapan nikah?” merupakan kata-kata tabu dan horor bagi wanita yang sudah berumur hampir seperempat abad. Kuping siapa yang tidak panas setiap ada acara keluarga atau ketika tetangga selalu menanyakan hal itu, baik yang bertanya hanya iseng belaka atau memang serius. Kalau pertanyaan itu dilontarkan pada wanita di usia awal 20 tahun mungkin tidak akan membuatnya harus pusing tujuh keliling memikirkan jawabannya. Tapi kalau wanita dengan usia sudah memasuki 25 tahun, maka pertanyaan ini ibarat soal kalkulus yang rumit dan sulit untuk dipecahkan.

Masyarakat kita masih memiliki persepsi sendiri tentang umur seorang wanita untuk menikah. Wanita dianggap tidak baik jika menikah terlalu lama dengan berbagai alasan. Pada umumnya ada beberapa alasan yang mendasari pemikiran seperti itu, yaitu:
1.      Pria cenderung mencari pasangan hidup yang lebih muda, sehingga kalau wanita yang dianggap “tua” sulit untuk mendapatkan calon suami lagi.
2.      Wanita jika menikah terlalu lama maka jarak antara anaknya dan dia akan terlalu jauh. Sehingga ketika wanita tersebut sudah tua, anaknya masih sangat kecil.
3.      Wanita yang terlalu lama menikah ada anggapan dimasyarakat merupakan wanita yang tidak laku alias perawan tua 

Semua anggapan-anggapan tersebut membuat ruang gerak seorang wanita menjadi serba terbatas. Sang wanita akan cemas dan stress ketika umur sudah bertambah namun tak kunjung menikah. Ayolah,  ini bukan zaman siti nurbaya dimana tujuan wanita hanya untuk menikah yang aktivitasnya hanya di dapur, kasur dan juga sumur. Zaman sudah jauh berubah, dimana wanita juga memiliki mimpi yang harus diraih sebelum terikat dengan suatu hubungan. Karena ketika menikah, izin suami merupakan suatu tiket yang harus didapat terlebih dahulu sebelum melakukan suatu hal. Wanita juga ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi, ingin menjajaki karir yang bagus dan ingin membahagiakan orang tua dan keluarga terlebih dahulu. 

Wanita yang tidak menikah di umur 25 tahun bukan berarti dia tidak laku, hanya saja mungkin banyak alasan yang menyebabkan dia belum siap untuk memulai suatu hubungan dimana harus menghabiskan sisa hidupnya bersama orang yang sama mulai dari mata terbuka dipagi hari hingga terlelap di malam hari. 

Wanita itu harus cerdas, karena wanita merupakan pencetak generasi bangsa. Jadi tidak ada salahnya wanita meniti pendidikan tinggi dan karir yang cemerlang. Menikah memang tidak membatasi gerak kita, tapi belum menikah juga bukan merupakan aib yang memalukan. Karena jodoh sudah ditetapkan, dan pasti akan datang. Jadi mari focus meningkatkan kualitas diri dan prestasi. Kitalah yang menjalani hidup kita, orang hanya mengomentari. 

Beberapa hal yang bisa kita lakukan diusia produktif sambil menanti datangnya jodoh dan kita siap untuk menikah.
1.      Berkumpul dengan teman-teman yang masih single
Hal ini merupakan solusi yang paling mujarab, karena ketika kita berada di lingkaran orang yang memiliki nasib yang sama dengan kita maka kita akan merasa nyaman dan tidak terintimidasi. Dan mungkin saja salah satu dari manusia single itu bisa menjadi jodoh kita. Siapa yang tahu??
2.      Menyibukkan diri dengan aktivitas yang bermanfaat
Jika kau wantia karir, kau bisa menghabiskan waktu dengan bekerja maksimal dan mengejar karir cemerlang. Atau kalau memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi, kita bisa menyibukkan dengan kegiatan-kegiatan kampus yang melibatkan orang banyak. Kali aja ketemu jodoh.
3.      Mengikuti kelas fitness atau yoga
Hal ini bisa dilakukan untuk membuat tubuh dan pikiran kita tetap fresh sehingga terhindar dari stress.
4.      Traveling dengan sahabat terdekat
Traveling ke tempat-tempat wisata akan membuatmu lebih segar dan melupakan sejenak semua pikiran yang mengganggu, jadi kita bisa lebih bahagia dan awet muda.
5.      Hadapi pertanyaan “kapan nikah” dengan lapang dada
Ketika berkumpul dengan keluarga mungkin ini menjadi pertanyaan pamungkas yang selalu dihindari. Sebelum bertemu keluarga, siapkan jawaban-jawaban cerdas untuk menjawab semua pertanyaan tentang kapan nikah. Misalnya dengan menunjukkan kita itu wanita mandiri yang berprestasi sambil tersenyum lebar.
6.      Sering menghadiri pesta pernikahan
Mungkin pesta pernikahan menjadi hal yang dihindari oleh para single ladies yang belum memiliki pasangan atau calon. Namun mulai sekarang, anda harus datang ke acara pernikahan. Buang semua perasaan cemburu dan galau melihat pengantin di pelaminan, mulailah menikmati pesta dan cari kira-kira ada tidak yang bisa dijadikan calon suami.
7.      Isi waktu luang untuk membaca
Membaca akan membawamu ke dunia lain yang berbeda, kau akan merasakan bahwa dengan membaca maka wawasan akan terbuka maka pikiran sempit tentang pernikahan cepat juga akan hilang.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kegalauan ketika tak kunjung menikah. So ladies, berbahagia dan tersenyumlah. Hidupmu terlalu berharga untuk kau sia-siakan dan membebani pikiran tentang batasan usia menikah. Menikah itu bukan perlombaan, tidak ada batasan usia. Ketika Tuhan sudah menakdirkan kau untuk menikah, maka dia akan mempertemukanmu dengan separuhmu dengan cara yang tak terduga.

MELEPAS BAYANGMU



Meninggalkan kenangan indah yang terasa menyakitkan ibarat menikam hatimu berkali-kali tanpa ampun. Melupakan orang yang selalu muncul bayangan wajahnya disetiap langkah kakimu ibarat berjalan diatas duri, menusuk hingga ke relung hati.

Itulah yang kurasakan setiap mengingat dia, namanya Haikal. Dia yang membuat setiap pria yang datang mendekatiku, mundur secara teratur karena aku akan selalu membandingkan mereka dengan Haikal. Padahal sudah 3 tahun berlalu sejak terakhir kami bersama. Kesibukan dan hubungan yang memang tidak teralalu intens membuat kami nyaris tak berkomunikasi. Kalau kau tanya Kenapa tidak  berkomunikasi maka akupun tak tau jawabannya. 

Hubunganku dengan Haikal bukan hubungan sepasang kekasih, dia hanya sahabat yang terlalu jauh memasuki relung hati. Apakah dia tahu? Entahlah terkadang aku berpikir dia mengetahuinya namun terkadang tidak. Aku tak pernah punya keberanian menyatakan perasaanku. Katakan saja aku memang bodoh, tapi aku memang dilahirkan menjadi wanita dengan sejuta ego. 

Sahabatku yang mengetahui perasaanku padanya selalu menyarankan untuk menyatakannya atau melupakannya dan  mulai hidup baru dengan orang yang mencintaimu daripada harus memikirkan orang yang mungkin sama sekali tak memikirkanmu. Tapi entah mengapa hati kecilku enggan melepas semua bayang tentangnya, bahkan ditahun ke-empat, kenangannya masih tertinggal jelas tak hanya difikiranku tapi juga direlung hatiku. Aku seperti terlalu asyik bermain dengan bayangnya, sampai aku lupa aku tak bisa hidup hanya dengan bayang-bayangnya. 

Malam ini jantungku berdetak lebih cepat dari biasanya, ini akibat perpaduan rasa senang yang membuncah juga gugup diwaktu bersamaan. Besok aku akan bertemu dengannya, ralat maksudnya besok aku dan teman-teman lainnya akan kumpul bersama dan dia adalah salah satu orang yang akan hadir besok. Entah kenapa, disaat aku memutuskan untuk melupakannya dengan meninggalkan semua sisi kota dimana mungkin kami pernah bercengkrama, justru dia semakin dekat. Aku memutuskan untuk pindah ke pulau jawa, sementara dia di sumatera. Selang beberapa bulan dari kepindahanku dia ditugaskan untuk bekerja di Jakarta. What a coincidence? Seakan usahaku sia-sia untuk melupakannya.

Malam ini terasa lebih panjang dari sebelumnya, aku menguatkan hati untuk mengungkapkan semua perasaanku padanya. Hanya semacam pengakuan, agar aku bisa terlepas dari bayangnya. Bukan pengakuan cinta dengan harapan untuk bersamanya. Karena HUBUNGAN antara aku dan dia tak mungkin berhasil. 

Dan disinilah aku, berada diantara teman-teman semasa kuliah yang sedang bekerja di Jakarta, dan aku masih menunggu kedatangannya.
“Hai haikal….” Teriakan namanya mampu menyedot oksigen disekitarku, dia berdiri disana dengan gaya kasualnya yang selalu ku gilai. Dia tersenyum manis, tentunya bukan hanya untukku. Pertahananku luruh, move on yang sudah on progress 80% drop sampai 20% hanya karena melihatnya tersenyum. Katakan aku gila, ia aku memang gila. Tak mengerti dengan perasaan dan inginku sendiri. 
“Hai semua, hai sis…” sapanya sambil menarik kursi disebelahku. Dan aromanya tidak berubah, aroma yang kurindukan siang dan malam. Aku hanya bisa tersenyum canggung. 

Berkumpul dengan sahabat-sahabatku untuk sejenak melupakan kegundahanku, kami mengenang semua masa-masa indah saat diperkuliahan dulu. Menertawakan setiap kebodohan dan juga kenakalan saat dulu menjadi mahasiswa. Bersama mereka aku tertawa dan dengan ada dia di sini masih membuatku merasa nyaman. Kami sejenak kembali ke masa 3 tahun lalu. 

Percakapan beralih dari masa kuliah, ke masa bekerja. Masing-masing bercerita tentang pekerjaannya. Dan percakapan bergulir ke masalah pernikahan dan pasangan hidup, menghitung teman-teman yang sudah menemukan pendamping hidupnya. Dan saling melontarkan pertanyaan kapan akan menyusul.
“Sis, loe kapan nyusul?” tiba-tiba haikal menodong pertanyaan itu padaku
“bodoh, aku menunggumu” tentu saja itu tak ku utarakan hanya dalam benakku.
“Ah, aku belum menemukan yang cocok” alasan klasik banget sambil tersenyum canggung
“Masa sih ga ada yang cocok? Kamu sih dulu gak mau sama aku” abaikan ucapan candaannya karena dia selalu bercanda, termasuk soal hati.
“Oh ia guys, aku sekalian nih mau ngasih ini ke kalian” sambung haikal sambil mengeluarkan sesuatu dari dalam tasnya. Dan sesaat sejenak, waktu berhenti. Di depanku sekarang ada tercetak nama Haikal & Widya. Sebuah undangan yang meluluh lantakkan dan meremuk redamkan hatiku sampai ke jantung, membuatku hampir mati menahan rasa sakit.
“Wah, gila selamat ya bro. sama siapa loe? Kok gak pernah bilang-bilang taunya udah kasih undangan aja” dan aku tak mendengar apapun lagi keributan dan juga lontaran pertanyaan-pertanyaan itu. Aku mati rasa. Jika saja aku bisa mengulang waktu, aku akan katakan semua yang ku rasa kepadanya. Aku akan katakan kalau dia selalu menjadi bagian terbaik dalam hidupku. Dan sekarang, dia akan menjadi bagian terindah dari kehidupan Widya yang entah siapapun itu. Terkadang perasaan serumit itu, dan aku harus benar-benar melepaskan bayangannya.

Hati-Hati Jika Kamu Mengalami 5 Hal Ini, Bisa-Bisa Persahabatanmu Jadi 'Aneh'

CARA BUAT SIM ONLINE

Halo semua...
Mumpung lagi libur dan lagi rajin banget buat nulis (2 hari 4 postingan, yeay!!!)
Kali ini saya mau berbagi informasi untuk para perantau kembali. Maklum ini perantau jauh soalnya jadi kalau mau urus surat-surat dan apapun untuk balik ke domisili itu sulit banget. Jadi kali ini aku mau infoin cara membuat SIM online. Sekali lagi thanx to e-KTP, membuat semuanya terasa mudah. 

Disini yang akan saya infokan itu cara memperpanjang SIM ya, kalau buat SIM baru saya kurang tau. Ini informasi base on pengalaman aku saat perpanjang SIM di kota bogor. Nah, saya saranin untuk perpanjangan sobat-sobat sekalian cari SIM keliling saja. Informasinya biasanya ada di web polres kota teman-teman atau melalui twitter resmi. Saya cek dari twitter polres bogor untuk jadwal SIM keliling. 

Syarat untuk perpanjang SIM itu gampang banget
1. Pastikan SIM anda belum expired, nah ini kudu perhatian jangan sampai lewat dari tanggal karena akan ribet harus ngurus SIM baru yang artinya anda harus bayar lebih mahal plus harus ujian lagi
2. Bawa SIM Asli
3. Fotocopy KTP
4. Surat keterangan sehat (tapi kalau tidak ada juga tidak masalah, karena disana akan disediakan untuk cek kesehatan dan hanya ditensi doang anda dikenakan Rp 30.000)

Nah, caranya anda cukup datang ke SIM keliling dipagi hari. Batas maksimal 50 orang perhari jadi harus cepat datang agar kebagian antrian. Kalau bisa jam 7 anda harus sudah datang buat nulis nama antrian, setelahnya mau pergi dulu tidak masalah karena mulai jam 09.00 dan itupun kalau mobil SIM keliling datang tepat waktu. Tau dong ya Bogor macetnya gimana. Nah, nanti nama anda dipanggil buat cek kesehatan, terus naik ke bus. Dipastikan data lalu "cekrek" difoto deh (pastikan posenya cantik ya biar tidak nyesal 5 tahun. hehhehe). Tunggu deh SIM jadi, sambil nunggu SIM jadi anda dikasi surat untuk isi data setelah itu serahkan anda akan diberi SIM dan harus membayar Rp 75.000 untuk SIM C. Lalu nanti ada tukang laminating dan bayar Rp 5000, sebenarnya kayaknya sih ga wajib tapi ga tau juga sih.Tadaaaaa bim salabim, SIM anda sudah terperpanjang secara otomatis. Selamat berkendara dengan aman, damai sentosa ya :)

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

EXPLORE ACEH PART 3 (BANDA ACEH & SABANG)


Tanggal 6 januari 2016 hari terakhir kami di sabang namun ada beberapa destinasi utama yang belum dikunjungi. Kali ini destinasi lebih jauh dari yang kemaren. Kami bangun cepat dipagi hari dan rencana gerak jam setengah 6 pagi dari penginapan namun ternyata masih cukup gelap sehingga kami undur menjadi pukul 06.00.

1. Tugu 0 KM
Ini benar-benar modal nekat, kami naik motor hanya berdua ke tugu 0 km dimana dilihat dari google map saja jalannya berkelok-kelok. Jalannya bagus tanpa lubang hanya saja memang benar-benar berkelok dan patahan seperti jalan ke berastagia. Kami harus pelan-pelan membawa motor apalagi perjalanan kesana itu melewati hutan yang memang tidak ada rumah penduduk dan masih banyak monyet yang katanya suka sama wantia. Hahaah… dibeberapa bagian jalan ada yang sangat sempit jadi harus berhati-hati untuk menghindari kendaraan dari arah berlawanan.
Akhirnya kami sampai ke titik 0 Indoneia. Yeay… tapi berhubung karena sedang ada pembangunan jadi kawasan ini sedikit tidak terurus. Kami menyaksikan matahari terbit di sini dan melihat laut lepas dari atas.


0 km Indonesia. Yeay!!!!
video
Potongan video perjalan menuju 0 Km


2. Pantai Iboh 
Pantai iboh terkenal dengan tempat snorklingnya, jadi dari iboh bisa nyebrang ke rubiah untuk snorkeling karena disana lebih banyak ikan. Namun lagi-lagi karena keterbatasan waktu aku tak semapt snorkeling padahal sangat ingin, aplagi si ari tak mau snorkeling. Akhirnya Cuma bisa liat ikan dari atas doang. Dan airnya benar-benar jernih dan hijau sampai bisa melihat ikan-ikan didalamnya. Lagi dan lagi aku jatuh cinta dengan pulau ini.

Ingin tau watak sahabatmu? ajak Traveling :D
Sending Love from Iboih Beach

Full Color Boat

3. Pantai Gapang
Di pantai gapang kami juga hanya lewat saja tak turun. Pantai gapang juga jadi tempat snorkeling yang bagus.


Dari sini bisa lihat pulau kecil itu, dan ini seperti lukisan di display picture komputer yang dulu sering digunakan. Saat kami berada disini hujan mulai gerimis dan langit gelap, kami takut akan turun hujan. Rencana balik dengan kapal cepat pukul 14.30 jadi kami undur lebih awal naik kapal lambat pukul 11.0. karena kalau cuaca jelek, kapal cepat sering tidak beroperasi.


Lukisan alam maha karya sang pencipta 

Kami langsung packing dan siap-siap checkout. Kami makan siang di warung bapak yang ramah makan nasi soto enak plus lagi-lagi teh tarik dengan murah Cuma Rp14.000. tadinya mau makan gulai kambing tapi belum mateng karena buru-buru jadi ga jadi icip deh.

Sesampainya dipelabuhan kami mengembalikan motor dan ternyata helm ketuker. Pak dollah yang super nyebelin ini minta diganti karena helm nya ketuker Rp 100.000, kami udah mohon-mohon ga ada uang dia ga mau tau. Males berdebat dan mengejar kapal, akhirnya 70 rb terbuang sia-sia. Mood jadi jelek, tapi untungnya kapal dapat. Sampai di pelabuhan ulele pkl 12.30 kami memutuskan naik becak. Karena masih punya waktu kami singgah ke museum sunami dengan bawaan yang super banyak plus oleh-oleh. Akhirnya bawaan dititip ke satpam dengan wajah melas.

Museum Tsunami ini berbentuk seperti kapal dan dirancang oleh pak Ridwan Kamil. Keren!!!!
Ini merupakan ruangan gelap berisi nama-nama korban tsunami aceh. 
Al - Quran yang ditemukan pasca Tsunami

Puas keliling museum, kami singgah makan mie aceh simpang 5. Dan langsung ke stasiun bus batoh kami akhirnya naik bus putra pelangi dengan ongokos Rp 180.000. berangkat pukul 17.00. Bye aceh, bye sabang. See you next time… 

EXPLORE ACEH PART 2
(BANDA ACEH & SABANG)

Selesai pernikahan heni dari meulaboh kami melanjutkan perjalanan ke banda aceh, jaraknya hanya memakan waktu 4 jam sehingga sangat sayang tak mengunjungi pulau di ujung pulau sumatera itu. Ini bukan kali pertama aku ke banda aceh dulu pernah kesana dan sudah pernah direview disini. Ongkos ke Banda Aceh Rp 110.000 dengan menggunakan bus L300. Kami sengaja mengambil perjalanan siang karena katanya pemandangannya sungguh indah. Dan memang benar sepanjang jalan kami melihat pantai-pantai yang indah dan kami tak ketinggalan melihat indahnya sunset, Indonesia itu luar biasa pantas saja orang asing ingin sekali ke Indonesia. Dan kami melihat pelangi di perjalanan, kami seperti orang luar angkasa yang ga pernah lihat pelangi karena pelangi itu fenomena alam yang sudah jarang kali bisa ditemui.

Sesampainya di banda aceh pukul 19.00, dan kami di jemput kenalan anak UNSYIAH. Kami berencana hanya numpang tidur karena besok pagi pukul 08.00 kami harus mengejar kapal ke pelabuhan ulele. Terimakasih Atun udah mau nampung kami semalaman dan udah ngerepotin. Malam harinya kami pergi keluar untuk cari makan dan kami makan bebek gulai merah, kalau rasanya sih menurutku seperti kuah rendang hanya saja rendang kering kalau ini lebih berkuah.

Keesokan harinya rencana naik kapal jam 08.00 jadi molor menjadi jam 11.00 karena teman kami ngaret menjemputnya. Sampai dipelabuhan kami lari-lari karena kapal akan segera berangkat. Kami memutuskan untuk naik kapal lambat dengan harga tulisan di tiket sih Rp 25.000 tapi yang harus kami bayar Rp 27.000, gak tau deh 2000 nya uang apa. karena kami paling lama naik maka kami ga dapat tempat duduk. Bawaan ransel dan tas jinjing bikin berat, tiba-tiba ada abang kapal yang menghampiri dan menanyakan tiket kami dan menawarkan untuk duduk di ruang eksekutif, kami berdua yang cewek langsung siaga kali aja ada niat jahat. Tapi setelah dipikir-pikir dan diyakinkan akhirnya kami pun duduk di kelas eksekutif yang ada AC nya. Rezeki anak Sholehah :D

Perjalanan dari pelabuhan ulele ke pelabuhan sabang memakan waktu 1,5 jam dengan kapal lambat kalau kapal cepat hanya 45 menit dengan tarif mungkin 2 kali lebih mahal. Naik kapal lambat bukan pilihan yang buruk, karena selam perjalanan bisa santai di dek kapal melihat birunya hamparan laut dan jika beruntung bisa melihat kawanan lumba-lumba. Sayangnya kami tak beruntung. Hehe…

Sesampainya dipelabuhan sabang banyak sekali yang menawarkan jasa angkutan atau sewa motor ataupun mobil. Kami memutuskan untuk menyewa motor, dan entah kenapa kami mau aja menyewa motor dengan harga Rp120.000 padahal udah ada yang jelas-jelas menawarkan Rp100.000 *dan ini adalah salah satu kesialan kami.

Setelah motor didapat, saatnya mengandalkan google map untuk mencari penginapan. Kami sampai di sabang pukul 12.30 dan perut sudah keroncongan minta diisi. Akhirnya kami mendapatkan penginapan di hotel Kartika yang berada di pusat kota dengan tarif Rp 90.000/malam. Karena kami memang ala ransel alias backpacker maka semua nya ala sederhana. Tapi kalau saran sih itu kamar kami hanya pakai kipas dan 2 tempat tidur, tempatnya nyaman hanya saja kami tidak menyangka sabang sangat panas di malam hari membuat kami tak bisa tidur karena berkuah.

Makan siang kami singgah di warung nasi (lupa namanya), kami makan nasi pakai ikan tongkol dan disini makan ambil sendiri kami sempat kebingungan dan minuman teh tarik khas aceh. Makan siang kami harganya Rp 12.000 plus minumnya Rp 8.000. setelah makan kami siap untu mengexplore pulau sabang. Karena memang kami tak memiliki banyak waktu maka kami sudah mendaftar tempat-tempat yang akan kami kunjungi agar semua bisa terkunjungi.
1. Pantai tapak gajah
Saat ke pantai ini kami harus bertanya sana-sini dan akhirnya kami nyasar -_-. Yang kami datangi ternyata bukan pantai tapak gajah tapi disini ada benteng jepang. Tidak tau apa namanya tapi view nya luar biasa cantik. Perpaduan biru langit dan laut yang hijau kebiruan bak lukisan. Rupanya tapak gajah merupakan pantai sebelahnya. Tapi karena berhubung hanya sebelahan kami langsung melanjutkan ke destinasi selanjutnya.

Ini yang dinamakan tersesat dijalan yang benar :D. View nya luar biasa Indah

2. Pantai 3 sumur
Ini pantainya keren dengan pasir putih, langit dan lautnya bikin jatuh cinta. Cantik tak bisa dilukiskan oleh kata-kata. Bermain pasir dan air laut benar-benar membuat lupa akan segalanya. Hanya ingin memandang  dan merasakan pantai ini lebih lama.

Setuja Pesona Sabang
Indah sejauh mata memandang

Indahnya pantai sabang
My Travel Mate :*
Seat beside me and accompany me to enjoy this beautiful view


3. Benteng jepang
Ini benteng pertahanan jepang saat di zaman belanda. Dari benteng ini maka nanti bisa melihat laut dari atas. Pemandangannya tak kalah menakjubkan. Dan sensasi duduk dirumput menghadap laut ditemani dengan semilir angin yang menyentuh kulit bikin ingin berlama-lama disini.
Ada sejarah armada Jepang di Sabang buat menambah wawasan sejarah

Viewnyaaa selalu membuat jatuh cinta

Besok-besok kita fotonya disini pandang-pandangan sama kekasih halal ya ge...

4. Pantai anoi hitam
Pantai ini tak jauh dari benteng jepang. Dari benteng jepang juga bisa terlihat. Pantai ini pasirnya hitam jauh sekali beda dengan pantai 3 sumur, namun justru disini letak keunikannya. Kami memutuskan tidak singgah dan turun hanya sekedar lewat.

5. Casanemo
Casanmeno ini merupakan resort dan restoran yang langsung berhadapan dengan laut biru. Disini banyak menginap turis asing karena konsepnya unik banget. Kamarnya dari kayu berbentuk rumah pondok. Kami singgah untuk melihat view yang katanya dari sini itu indah banget. Dan emang ga salah, kami memutuskan duduk dicafenya dengan memesan lemon tea dan juga es kelapa sambil menikmati sore hari yang indah dari café yang langsung mengarah ke laut. Sebenarnya casanemo ini lurusan dari pantai sumur 3. Dan aku tak ingin menyiakan2 langsung turun untuk main air dan pasir putih. I’m beach lover.

Love this Place

Libur Hemat ala Backpacker berdua ternyata SERU!!!

6. Pelabuhan kecil
Ini bukan pelabuhan tempat turun penumpang dari banda tapi pelabuhan ini banyak digunakan anak muda untuk kumpul disore hari dan juga banyak yang mincing. Disini kami menikmati sunset yang luar biasa indah dan tak lupa bergaya ala ootd.

Sunsetnya indah, abaikan gaya OOTD yang ga banget :D

Menantimu (jodoh) seperti menanti Sunset, pasti datang hanya perlu bersabar


ala-ala OOTD (Bingung kenapa foto dikapal berkarat? keren aja kalau menurut kita.

7. Kuliner malam
Malamnya setelah mandi dan sholat di penginapan kami memutuskan untuk ke jalan perdagangan dimana ini merupakan pusat kota dimana banyak pedagang dan juga pasar. Kami membeli oleh-oleh kue bakpia khas sabang dan tak lupa menikmati sate gurita dan juga mie jalak yang terkenal di sabang. Mie jalak ini seperti mie rebus tapi bedanya kuahnya ini seperti kuah kaldu polos. Jangan lupa dicobain kalau main ke sabang yaa..



Cara Membuat Passport Online


Halo semua, lama tidak update...
Maafkan saya yang lama hilang bak ditelan bumi.
Kali ini, saya nongol untuk berbagi sedikit informasi cara untuk membuat passport.

Sekarang untuk buat passport sudah bisa online, jadi kita bisa membuat passport dimana saja kita berada. Khususnya buat para perantau yang tidak berdomisili sesuai KTP nya ini sangat super membantu. Alhamdulillah sekarang semuanya sudah mulai gampang, syaratnya anda hanya perlu memiliki KTP elektronik atau sering disebut e-ktp.

Sebenarnya untuk membuat passport ini, tidak hanya online saja offline juga bisa. Online disini bukan berarti anda tidak perlu ke imigrasi, anda tetap harus ke imigrasi buat verifikasi berkas dan wawancara. Hanya saja saya kemarin ngurusnya online dan super cepat. Kalau offline nanti anda akan repot isi data dulu disana, antri dulu ambil form. Jadi saya saranin sih kalau mau buat passport mending online aja.

Sebelum ke tahap cara mengurus passport online, hal yang perlu anda persiapkan ketika akan membuat passport baru adalah
1. KTP elektronik asli dan foto kopi (untuk fotokopinya saya saranin foto kopi dikantornya saja biasanya ada jasa fotokopi karena ukurannya berbeda. Pengalaman saya sih kemaren pas ngurus di kantor imigrasi kota bogor)
2. Akte kelahiran asli dan fotokopi
3. Kartu Keluarga asli dan fotokopi
(Pastikan nama anda sama baik KTP, akte kelahiran maupun KK)
4. Materai 6000
5. Slip pembayaran Bank
6. Print file data yang dikirim nanti via email

Nah, langkah-langkah untuk membuat passport online adalah sebagai berikut:
1. Silahkan masuk ke situs www.imigrasi.go.id lalu pilih layanan publik dan pilih passport biasa disitu tertera lengkap syarat ketentuan pengurusan passport. Dan bisa ngisi data passport online langsung di http://ipass.imigrasi.go.id:9090/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml. Isi data dengan lengkap dan benar. Anda tidak perlu upload file apapun.
2. Setelah isi data anda akan mendapat email dan harus membayar sejumlah uang untuk biaya passportnya, kalau tidak salah saya bayar ke teller BNI langsung sekitar 350.000 untuk passport 48 Hal dan jangan lupa tunjukkan email yang anda terima ke Tellernya bisa ga usah dicetak tunjukkan saja dari HP (bilang saja sama tellernya untuk bayar passport dia pasti ngerti kok. kalau melalui ATM juga bisa, tapi saya tidak tau caranya. Heeheh)
3. Setelah anda melakukan pembayaran anda akan mendapai email kembali nah, anda verifikasi kembali untuk mengisi tanggal kedatangan anda. Jadi bisa pilih kapan anda bisa datang untuk wawancara.
4. Anda akan mendapat email kembali dan silahkan di print yang nantinya akan dibawa pada saat wawancara beserta berkas-berkas yang disebutkan diatas.
5. Anda datang di tanggal yang telah dipilih. Saya saranin datang cepat  karena pasti banyak yang sudah antri dari jam 7 pagi. Saya kemarin datang jam 8 dapat antrian nomor 38. Jika online langsung saja datang ke loket antrian online untuk ambil nomor antrian dan juga ada selembar kertas yang harus diisi dengan materai 6000
6. Tinggal tunggu dipanggil ke loket untuk wawancara. Tenang ini bukan wawancara kerja yang menanyakan kelebihan dan kekurangan. Hanya pertanyaan simpel seperti akan pergi kemana? kapan? berapa lama? sambil mengecek semua berkas lengkap dan benar.
7. Setelah itu anda akan mendapat surat dengan stempel yang akan dibawa saat mengambil passport seminggu kemudian sesuai tanggal yang tertera di surat. Dan selesaii..... anda tinggal menunggu passport anda jadi dan selamat bertraveling riaaa.


Ini Passport bukan buku nikah ya :D
Insya Allah tahun ini dapat buku nikah. Amin :)